Manfaat Hand Sanitizer

Cara Menggunakan Hand Sanitizer Secara Higienis – Hand Sanitizer Racika Falah

Cara Menggunakan Hand Sanitizer – Pada kondisi sekarang ini perlunya kita menjaga kebersihan. Sehingga tangan terhindar dari kuman dan virus berbahaya bagi kesehatan. Di luar sana banyak macam kuman yang membawa bakteri jahat. Makanya sangat di wajibkan untuk selalu membawa hand sanitizer. Selain itu juga jangan lupa cuci tangan setiap saat.

Pandemi membuat kita harus lebih waspada. Menjaga kesehatan adalah kebutuhan kita sendiri. Hidup sehat harus di mulai dari saat ini. Jangan sampai lengah sedikit pun. Sebab virus covid 19 tidak kenal waktu dan usia. Dimana pun tempatkan wajib hukumnya untuk menjaga diri.

Selain itu juga ikuti protokol kesehatan yang ada. Seperti melakukan 3 M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kegunaanya agar kita bisa mengurangi resiko penularan di luar sana. Karenanya virus merupakan hal yang tak kasat mata.

Apabila di rumah kita juga harus menyediakan hand sanitizer 500 ml. Sehingga jika nantinya ada tamu dapat di gunakan. Namun sebisa mungkin untuk mengurangi kedatangan tamu. Ini merupakan sebuah cara menjaga jarak aman.

Ukuran 500 ml akan lebih hemat dari pada yang lebih kecil. Harga yang di berikan jika cukup murah. Ketimbang membeli botol kecil setiap saat. Selain itu kita bisa melakukan isi ulang agar lebih praktis.

Penyebaran virus covid 19 begitu cepat. Tanpa prediksi sebelumnya lonjakan korban begitu banyak. Selain itu banyaknya korban yang gugur setelah melawan virus jahat ini. Indonesia menjadi salah satu negara terbesar tingkat kelonjakan positif.

Dari sinilah semua lapisan tanpa terkecuali mempunyai kesadaran yang besar. Kesehatan di mulai dari diri sendiri. Pentingnya untuk peduli agar bisa menikmati udara segar. Coba kita lihat mereka yang tersuspek virus covid 19. Harus melakukan isolasi dan tidak bisa menikmati oksigen gratis.

Selagi masih bisa mari kita semua menjaga ketebalan imun. Selagi di imbangi menjaga kesehatan secara ekstra. Jika tidak punya kepentingan di luar sana lebih baik di rumah saja. Sebisa mungkin meminimalisir interaksi dengan banyak orang.

Namun apabila mengharuskan keluar rumah. Pastikan sudah menyediakan hand sanitizer. Kita bisa mendapatkannya di toko terdekat hingga minimarket. Jenis merek dan bentuknya pun juga beragam.

Perhatikan juga cara pemakaiannya. Menggunakannya terlalu sering juga akan merusak tekstur kulit tangan. Sebagian besar orang melakukan kesalahan dalam pemakaian. Sehingga membuat tangan tidak bersih secara maksimal.

Banyak dari penggunanya yang memakai sampai kulit terluka. Karena terlalu antusias dan waspada yang begitu tinggi. Maka dari itu perlu di imbangi dengan cuci tangan di alir yang mengalir.

Kesalahan Dalam Penggunaan Hand Sanitizer

Pandemi covid 19 memang mengharuskan kita untuk siap menjaga kesehatan. Namun banyak dari kita yang menimbulkan kesalahan terhadap kepedulian kesehatan. Inilah beberapa kesalahan dalam menggunakan hand sanitizer:

Asal Menggosok

menggosok hand sanitizer ke tangan

Kesalahan Menggosok Hand Sanitizer (sumber gambar: kompas.com)

Ketika menggunakannya banyak dari kita yang asal menuang. Lalu tinggal gosok saja ke tangan. Sebenarnya penggunaanya sama saja seperti cuci tangan. Memakai sabun baru di bilas dengan air yang mengalir.

Apabila hanya menggosoknya biasa saja. Maka kuman akan bersembunyi di selanya jari. Ataupun di bawah kuku sehingga kuman tersebut tidak hilang bahkan mati. Padahal dalam jurnalnya CDC menyebutkan bahwa membutuhkan waktu selama 30 detik. Jika kita membersihkan tangan dengan sanitizer.

Perhatikan juga untuk menggosok keseluruhan area tangan. Mulai dari sela jari, kuku ataupun punggung tangan. Lakukan secara menyeluruh agar kuman hilang dan mati.

Penggunaan Ketika Tangan Kotor

penggunaan hand sanitizer pada tangan kotor

Penggunaan Ketika Tangan Kotor (sumber gambar: fidkom.uinjkt.ac.id)

Hand sanitizer memang mempunyai kegunaan untuk menghilangkan adanya kuman di tangan. Namun dalam pengaplikasiannya tidak dapat langsung pada kondisi tangan kotor. Terlebih jika tangan terkena debu ataupun lumpur. Pemakaian tersebut tidak akan mampu membantu.

Jika tangan begitu kotor. Lebih baik untuk cuci tangan dengan sabun serta di air mengalir. Hal itu lebih aman dan dapat menghilangkan kuman. Karena kuman akan hilang setelah terkena siraman air tadi. Sehingga kuman tidak menempel pada tangan.

Kesalahan Jenis

kesalahan memilih jenis hand sanitizer

Pilihan Jenis Hand Sanitizer (sumber gambar: xdana.com)

Jika ingin memakai sanitizer. Sebaiknya kita memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Sebab setiap merek mempunyai komposisi yang berbeda. Macamnya pun juga ada 2. Bentuknya cair untuk di semprot dan gel.

Rekomendasi kesehatan mengharuskan penggunaan sanitizer sesuai kandungan yang di anjurkan. Seperti 60 % etil alkohol ataupun 70 % isopropil alkohol. Dari dua kandungan tersebut di anggap sangat efektif menghilangkan kuman.

Sebagai pengetahuan untuk semuanya. Sebaiknya menghindari jenis sanitizer yang mempunyai metanol di dalam kandungannya. Apabila nantinya terserap oleh kulit dapat berubah menjadi racun. Terlebih sangat berbahaya jika sampai tertelan.

Tidak Perhatikan Tanggal Expired

fungsi hand sanitizer racika falah

Perhatikan Tanggal Expired Hand Sanitizer

Apabila ingin membeli sanitizer baru karena yang lama sudah habis. Maka lihat terlebih dahulu tanggal exp nya. Ataupun jika berada di luar namun tak membawanya. Pastikan juga melihat exp.

Sebab seiring waktu bahan yang terkandung di dalamnya akan menurun. Sehingga keefektifannya akan berkurang jika akan di gunakan. Selain itu juga tidak mampu membersihkan secara maksimal.

Dipakai Ketika Memasak

memasak setelah pakai hand sanitizer

Hindari Memasak Langsung Setelah Menggunakan Hand Sanitizer (sumber gambar: tstatic.net)

Dalam keadaan memasak pasti menyentuh banyak benda. Mulai dari peralatan hingga bahan yang akan di gunakan. Dari sentuhan tersebutlah akan membuat tangan menjadi kotor. Namun sangat di anjurkan untuk tidak memakai sanitizer.

Sebab nantinya tidak bisa membersihkan. Sebaiknya langsung mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya di air mengalir. Selain itu sanitizer akan menyebabkan kontaminasi pada bahan masakan tadi.

Pemakaian Terlalu Sering

terlalu sering memakai hand sanitizer

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer (sumber gambar: myprotection.id)

Sebagai alat untuk membersihkan kuman. Namun penggunaan sanitizer terlalu sering juga tidak tepat. Nantinya kuman akan kebal menempel pada tangan dan sulit untuk pergi. Makanya sangat di sarankan pemakaian sewajarnya saja.

Pemakaian dapat di lakukan ketika di perlukan. Tetapi lebih baiknya mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Bahkan dari pusat kesehatan dunia WHO mengatakan bahwa hanya menonaktifkan. Sehingga sanitizer tidak bisa menghilangkan kuman di tangan.

Manfaat Lain Dalam Penggunaan

Ternyata hand sanitizer tidak hanya di gunakan untuk mematikan kuman. Namun bisa di pakai membersihkan hal lain. Berikut ulasannya:

Pembersih Kacamata

hand sanitizer untuk membersihkan kaca mata

Kegunaan Lain Hand Sanitizer untuk Membersihkan Kaca Mata (sumber: idntimes.com)

Sebuah cara lebih menghemat pengeluaran. Ternyata bisa menggantikan cairan khusus untuk membersihkan kacamata. Kegunaanya ini mampu hilangkan bekas sidik jari serta kotoran di lensanya.

Pembersih Catokan

hand sanitizer untuk membersihkan catokan

Manfaat Lain Hand Sanitizer untuk Membersihkan Catokan Rambut (sumber gambar: merdeka.com)

Jika tidak tahu cairan apa untuk membersihan catokan rambut. Maka kita bisa memakai sanitizer. Penggunaanya yang terlalu lama akan menyebabkan bakteri tertempel pada besi. Sehingga sangat perlu di lakukan pembersihan.

Caranya menunggu catokan tersebut dingin. Barulah menuangkan ataupun menyemprotkannya. Kemudian bersihan dengan kain bersih.

Pembersih Kuas Rias

hand sanitizer untuk membersihkan kuas rias

Fungsi Lain Hand Sanitizer untuk Membersihkan Kuas Rias atau Kuas MakeUp (sumber gambar: harapanrakyat.com)

Membersihkan alat make up adalah suatu keharusan. Agar tidak ada bakteri yang bersembunyi di dalamnya. Dimana nantinya menyebabkan wajah berjerawat.

Terlebih dahulu cuci kuas make up. Kemudian kita bisa langsung menggosokkan sanitizer. Lalu tunggulah sampai kuas kering.

Hand sanitizer mempunyai banyak manfaat dalam kegunaan seharai-hari. Namun juga pastikan bisa memilih yang mempunyai kandungan baik. Selain itu jangan sampai salah dalam mengaplikasikan. Agar tidak membuat tangan terluka akibat pemakaian.

Hand Sanitizer Racika Falah

hand sanitizer racika falah

Hand Sanitizer Higienis Terlengkap Racika Falah

Racika Falah juga mempunyai produk hand sanitizer terbaik dengan harga kompetitif dan berkualitas serta telah mendapatkan lisensi dari kemenkes. Hand sanitizer racika falah bisa didapatkan secera rateil maupun grosir. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk kami bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di sini: >> Hubungi Racika Falah <<